Sabtu, 26 Januari 2013

Masjid Kudus

Kudus merupakan sebuah kota yang tidak jauh dari Demak. Untuk menuju Kudus hanya menempuh sekitar 45 menit perjalanan menggunakan bus. Kudus juga disebut kota Santri karena terdapat icon yang sangat bersejarah, yang merupakan peninggalan dari wali songo (wali 9). Peniggalan itu adalah masjid Kudus. Selain itu, kita juga akan bertemu para santri di daerah masjid Kudus. Sangat menyenangkan bagi kita yang berkeinginan untuk melakukan wisata religi.
Kota Santri
Masjid Kudus
Masjid kudus adalah masjid yang sangat megah dan indah. Ornamen warna hijau, putih, dan coklat berpadu menjadi sebuah masjid yang indah dipandang. Arsitektur dalam dan luar masjid ini juga sangat memukau, dimana terdapat beberapa cagak lampu yang merupakan nuansa khas Belanda.
Arsitektur masjid Kudus

Arsitektur Masjid Kudus
Sama dengan masjid Demak, masjid Kudus mempunyai dua fungsi yaitu sebagai tempat beribadah dan juga sebagai tempat ziarah. Hal ini dikarenakan karena di dalam masjid Kudus juga terdapat makam salah satu wali, yaitu Sunan Kudus.
Makam Sunan
Satu hal yang menarik perhatian dari Masjid Kudus ini adalah adanya menara masjid Kudus. Menara ini berbeda dengan menara masjid demak. Menara ini terbentuk dari batu bata, dan berbentuk seperti wihara dengan nuansa agama hindu.
Menara Kudus